Jumat, 26 Oktober 2012

HARI JADI KOTA PONTIANAK

Kemarin, kita baru aja ngerayain hari ulang tahun Kota Pontianak . . .
Pontianak genap berusia 241 tahun. Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk merayakannya. Bagaimana sejarahnya sampai ibukota Prov.Kalbar itu dijuluki “Kota Hantu?.”
Pada jaman dulunya, di kota ini banyak terdapat hantu kuntilanak, maka dari tu, disimpulkan untuk menyebut kota ini dengan sebutan PONTIANAK, seperti pepatah " Tidak akan ada Kota Pontianak, kalau tidak ada bunda kuntilanak ".

Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Kota ini juga dikenal dengan nama 坤甸 (Pinyin: Kūndiān) oleh etnis Tionghoa di Pontianak.
Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis lintang nol derajat bumi. Selain itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia dan Sungai Landak. Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang membelah kota disimbolkan di dalam logo Kota Pontianak.

Pontianak adalah sebuah kota kecil yang berdiri pada tanggal 23 Oktober 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri yang juga sebagai sultan pertama di Pontianak.
Perjalanan panjang telah dilalui sejak Sultan Syarif Abdurrahman pertama kali menginjakkan kakinya pada tanggal 23 Oktober 1771 silam. Sejak itu kota ini terus berkembang hingga menjelma menjadi metropolitan seperti saat ini.

Di ulang tahun yang k-241 ini, Pemerintah Kota Pontianak bekerjasama dengan Pontianak Post, PT. Pelindo Pontianak, dan beberapa pihak pendukung lainnya menyelenggarakan kegiatan akbar yang diberi nama Pontianak October Festival 2012. 

Menurut informasi dari website Pontianak October Festival 2012, rangkaian acara yang telah dipersiapkan Pontianak Post dalam hal ini pihak penyelenggara (event organizer), antara lain: Pontianak Shopping Festival, Coffe Street Festival, Festival Arakan Pengantin, Festival Drum Band Tingkat SD dan SMP, Fashion Road Tingkat SD dan SMP, Pontianak Fair 2012, Pesona Kulminasi Matahari, Festival Makanan Tradisional, Pemilihan Lanceng Praben, Pemilihan Bujang Dare, Gelar Turnamen Sumpit (IBOST), Permainan Layang-Layang, Permainan Sampan Tradisional, Festival Tarian Melayu, Festival Meriam Karbit, Festival Saprahan, Pameran Komputer APKOMINDO Kalimantan Barat, Lomba Blog, dan Lomba Foto.

SELAMAT ULANG TAHUN KOTA PONTIANAK !!! 



_KELOMPOK 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar